10 Manfaat Buah Nangka Dan Bijinya Untuk Kesehatan

Garpuhnet -Nangka adalah nama sejenis pohon sekaligus buahnya, buah nangka termasuk kedalam suku moraceae, dan nama ilmiahnya adalah Artocarpus Heterophyllus. 

Pohon nangka umumnya memiliki tinggi sedang dan bisa mencapai 20 m tingginya, pohon nangka banyak terdapat di suatu wilayah iklim yang tropis sampai dengan lintang 25° utara maupun selatan meskipun diketahui juga masih bisa berbuah di lintang 30°.

Nangka juga banyak di jadikan seperti dodol nangka, madu nangka dan lainnya, perlu sahabat ketahui buah dan bijih nangka mengandung karbohidrat yang baik untuk tubuh. Dan masih banyak lagi manfaat nangka yang akan kita bahas pada kesempatan ini, so jangan keluar dulu ya.

Kandungan Gizi

Gizi Pada Buah Nangka

Dilansir dari hellosehat.com, bahwasanya nangka adalah sumber makanan yang kaya akan vitamin A,C,Thiamin, Kalium, Kalsium, Riboflavin, Zat Besi, Niasin Dan Seng.

Nangka juga mempunyai serat yang rendah kalori sehingga aman dikonsumsi untuk pasien penyakit jantung, kandungan nutrisi buah nangka dalam 1 cup (165 gram) diketahui memiliki.

  • 155 Kalori
  • 39,6 g karbohidrat
  • 2,4 g protein
  • 0,5 g lemak
  • 2,6 g serat.

Gizi Dan Nutrisi Pada Bijih Nangka

Bukan hanya buahnya yang memiliki beragam kandungan tapi  biji nya pun memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang tak kalah banyak dan vermanfaat dari buahnya.

Fakta menarik "Dalam 1 glondong buah nangka terdapat 100-500 biji nangka yang bergizi."

Di bawah ini kandungan gizi dan nutrusi dari biji nangka.

  1. 53 kalori
  2. 11 g karbohidrat
  3. 2 g protein
  4. 0 g protein
  5. 0,5 g serat
  6. 8% riboflavin
  7. 7% tiamin
  8. 5% magnesium
  9. 4% fospor

Manfaat Buah Nangka

By.pixabay"Buah Nangka"

Setelah kita ketahui kandungan buah nangka dan bijinya, selanjutnya kita yang akan kita bahas yaitu manfaat buah nangka dan bijinya.

Mencegah Kangker

Kandungan zat phytochemical yang ada di dalam buah nangka, menurut para ahli zat tersebut memiliki sifat antioksidan, yang dapat membantu mencegah efek radikal bebas.

Radikal bebas merupakan molekul jahat yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel mahluk hidup. Akibat dari kerusakan tersebut dapat menimbulkan kangker. Dalam buah nangka zat phytochemical yang terkandung adalah Flavonoid,  Saponin, dan Tanin.

Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan potassium yang terkandung dalam nangka, di percaya oleh para ahli dapat mengontrol tekanan darah. Hasil analisa dari data American Heart Association(AHA), menyebutkan bahwa zat ini mampu menurunkan tekanan darah dengan menangkal efek natrium dan mengurangi ketegangan di daerah pembuluh darah.

Mencegah Anemia

Kandungan zat besi pada nangka yang telah teruji oleh pakarnya dapat mencegah anemia. Selain itu buah naga juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Memperkuat Sistem Imunitas Tubuh

Akibat kandungan nutrisi antioksida yang terdapat dalam buah nangka, sehingga membuat sistem imun atau kekebalan tubuh sobat akan semakin kuat. Di karenakan buah nangka mengandung antioksidan sehingga jika sobat mengonsumsinya, sobat akan mendapatkan kekebalan tubuh yang luar biasa dan mencegah sobat terinfeksi virus atau bakteri apapun.

Sumber Energi

Sobat tau gak sih ? Buah nangka dapat menjadi sumber energi untuk sobat, hmm kok bisa ? Karena kandungan gula alami seperti sukrosa dan fruktosa dalam buah nangka akan di jadikan oleh tumbuh kita sebagai sumber energi.

Eitts!! Jangan takut kolesterol sobat naik di karenakan buah nangka tidak mengandung kolesterol ataupun lemak jenuh ya.

Baca Juga

Mencegah Sembelit

Mengonsumsi buah nangka juga akan menjauhkan sobat dari sembelit atau masalah pencernaan loh. Kok bisa ? Bisa aja lah, karena dengan mengonsumsi nangka sobat akan terhindar dari sembelit dan juga dapat memperlancar gerakan usus. Selain itu nangka juga dapat menyembuhkan borok.

Menyehatkan mata dan kulit

Kandungan Vitamin A yang terdapat pada buah nangka dapat memelihara kelembutan kulit dan menyehatkan mata. Selain itu buah nangka juga dapat mencegah penyakit gangguan mata lainnya seperti rabun senja dan degenerasi makula.

For your info

Degenerasi Makula adalah Suatu penyakit mata yang menyebabkan kehilangan penglihatan. Degenerasi makula menyebabkan hilang penglihatan di bagian tengah bidang pandang. Dalam degenerasi makula kering, pusat retina memburuk. Dengan degenerasi makula basah, pembuluh darah yang bocor tampak di bawah retina.

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat kesehatan bagi tubuh yang lain dari buah nangka adalah dapat menjaga kesehatan tulang. Dengan begitu anak-anak juga boleh loh mengonsumsi buah nangka ini.

Kandungan magnesium yang terdapat pada nangka dapat menjadikan tulang kuat, sehingga menurut para ahli nangka juga bisa menyangkal gangguan tulang seperti osteoporosis.

Berikut ini manfaat lainnya yang sobat bisa dapatkan dengan mengonsumsi buah nangka ini.

° mengatasi asma

° anti penuaan dini

Nah diatas telah kita bahas kandungan giji buah dan biji nangka sampai ke manfaat buah dan biji nangka. Namun tetap walaupun kita sudah tau apa kandungan dan manfaat nangka alangkah baiknya kita jangan berlebih lebihan mengonsumsinya karna bisa jadi jika kita berlebihan mengonsumsinya dapat mengakibatkan efek samping yang negatif kita pun tidak tahu itu.

Akhir kata saya ucapkan mohon maaf sebesar besarnya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Baca Juga

1 Komentar untuk "10 Manfaat Buah Nangka Dan Bijinya Untuk Kesehatan "

  1. Keren kka, ijin promosi ya😊

    Punya Bayak flek hitam?
    Pengen glowing?
    Pengen Jerawat hilang?
    Sudah pakai prodak apa ajah tapi ga ada hasil?

    Solusi nya di link di bawa ini 👇

    https://s.lazada.co.id/s.7xSTz

    BalasHapus
Terima kasih telah, memberikan komentar semoga artikel dari admin bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel