8 Cara Menjaga Kualitas Tidur Yang Sehat

Garpuhnet -Kualitas tidur tentu adalah hal yang harus kita dapatkan agar tidur kita berkualitas dan tidak ada gangguan apapun, dilansir dari gridhealti.id, kualitas tidur mengacu pada seberapa baik kita tidur. Untuk orang dewasa kualitas tidur yang baik berarti bahwa kita terbiasa tertidur dalam 30 menit atau kurang, tertidur nyenyak sepanjang malam dengan tidak bangun lebih dari satu kali, dan tertidur kembali dalam waktu 20 menit jika terbangun.

Dari pernyataan diatas tentu tidur berkualitas sangat berdampak pada pertumbuhan dan kesehatan kita, bukan hanya itu manfaat dari tidur berkualitas juga berdammpak pada suasana hati, berat badan dan sampai kehidupan seks.

Nah untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dan sehat tentu ada cara menjaga kualitas tidur yang sehat.

Cara Menjaga Kualitas Tidur

1. Jangan minum air satu jam sebelum tidur

Tips yang pertama untuk menjaga kualitas tidur sobat adalah jangan minum air satu jam sebelum tidur. Karena akibat sobat minum air 1 jam sebelum tidur akan mengganggu tidur sobat misalnya ingin kencing saat ingin tidur atau tertidur tentu saja hal itu akan mengganggu kualitas tidur sobat.

Jadi sobat nantinya akan kurang tidur dan sibuk ingin kencing namun sobat masi ingin tidur sampai nanti kencing sobat di tahan dan akhirnya timbul penyakit.

2. Matikan Lampu Atau Pergunakan Lampu Yang Redup.

Cara yang kedua untuk menjaga kualitas tidur sobat adalah dengan mematikan lampu atau pergunakan lampu yang redup saya beri contoh lampu yang redup dan dapat di beli langsung buka di sini.

Ada pula manfaat mematikan lampu saat tidur yaitu, di langsir dari halodoc.com, tidur dalam kondisi gelap atau mematikan lampu kamar akan menjadikan kualitas tidur menjadi baik. Paparan cahaya adalah faktor kunci yang mengatur tidur dan jam biologis tubuh.

Paparan cahaya saat tidur bekerja dengan menstimulasi sel saraf dari mata ke bagian dari otak. Dengan mematikan cahaya atau lampu saat tidur otak kita akan merasa rileks dalam kondisi gelap.

3. Sebaiknya Makan Berat 2-3 Jam Sebelum Tidur

Cara menjaga kualitas tidur yang ke 3 adalah sebaiknya makan berat 2-3 jam sebelum tidur karena jika kita makan berat sesaat sebelum tidur akan mengganggu proses tidur karena perut masih bekerja.

Selain itu dampak dari makan berat saat kita ingin tidur adalah berat badan akan meningkat, penyakit lambung atau GERD, menyebabkan penyakit jantung dan diabetes. Bukan hanya dari segi kesehatan saja loh yang melarang makan ketika akan tidur tapi nabi kita Muhammad SAW juga tidak menganjurkan makan ketika akan tidur.

4. Jangan Berolahraga Terlalu Berat Di Malam Hari

Cara menjaga kualitas tidur selanjutnya adalah dengan jangan berolahraga terlalu berat di malam hari, karena menurut para ahli olah raga berat di malam hari bisa mengakibatkan daya tahan tubuh berkurang karena tubuh terlalu banyak mengeluarkan energi tanpa ada jeda yang cukup untuk beristirahat setelah satu hari beraktivitas.

Jadi gunakan malam sobat untuk beristirahat setelah beraktivitas di pagi hari dan saya sarankan olah raga yang baik menurut pengalaman pribadi adalah di pagi hari karena energi masih terisi setelah beberapa jam beristirahat.

5. Hindari Tidur Siang Terlalu Lama

Untuk menjaga kualitas tidur sobat cara satu ini adalah salah satunya karena jika kita tidur siang terlalu lama nanti akan berakibat susah tidur pada malam harinya.

Adapun dampak dari tidur siang terlalu lama yaitu akan berakibat buruk pada kesehatan kita yang akan mengakibatkan diabetes tip 2, dan penyakit jantung dan sampai meningkatnya resiko sindrom metabolik.

6. Hindari Penggunaan Obat Tidur

Selanjutnya untuk menjaga kualitas tidur kita janganlah menggunakan obat tidur sebelum tidur karena akan berakibat ketergantungan membuat dosis penggunanya semakin bertambah.

7. Jauhkan Gedged/Handpone Sebelum Tidur

Cara selanjutnya ini adalah cara yang sangat susah untuk di lakukan oleh anak milenial sekarang ini. Tapi mengingat bahanyanya cahaya biru pada gedget atau handpone yang akan merusak hormon melatonin atau hormon tidur jadi marilah kita rubah prilaku ini.

8. Berdo'a Sebelum Tidur

Cara terakhir namun yang paling utama kita lakukan sebagai umat beragama yaitu berdo'a sebelum dan sesudah melakukan hal karena kita tidak tahu, apa besok masih di beri kehidupan dan kesehatan. 
Berdoalah sesuai kepercayaan masing masing dan jangan lupa buatlah kasur dan kamar senyaman mungkin, karena itu juga mempengaruhi kualitas tidur kita.

Ok akhirnya sampai di penghujung artikel hari ini yang mana cara dan pernyataan di atas telah di analisis kembali oleh para ahli dan dapat menghasilkan kualitas tidur kita menjadi baik.

Jadi keseimpulan nya untuk menjaga kualitas tidur yang baik dan tidur yang sehat kita harus memperhatikan benar benar apa yang harus dan tidak boleh di lakukan dalam kita menjaga kualitas tidur yang sehat.
Akhir kata saya ucapkan mohon maaf atas segala kesalahan yang di sengaja maupun tidak di sengaja. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "8 Cara Menjaga Kualitas Tidur Yang Sehat"

Posting Komentar

Terima kasih telah, memberikan komentar semoga artikel dari admin bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel