13 Manfaat Tutut Yang Di anggap Hama Oleh Para Petani

Garpuhnet.com- Tutut atau keong sawah adalah sejenis siput air tawar anggota Viviparidae. Siput atau keong ini sering di temukan di sawah atau pun sungai, dan katanya siput ini acap di konsumsi sebagai sumber protein, yang murah dan mudah di dapat terutama di pedesaan jawa. Siput ini pula memiliki nama-nama lain seperti, tutut,kraca dan lain-lain.

Pasti sobat hanya tau bahwa tutut atau siput air tawar ini hanya menjadi hama perusak tanaman padi di sawah-sawah, tapi sobat tau ga sih tutut jawa ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan manfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit loh.

Meskipun tutut atau siput air tawar ini di sebut hama oleh petani yang perlu sobat ketahui bahwa setiap mahluk hidup yang ada di muka bumi dan diciptakan oleh tuhan yang maha esa itu memiliki kelebihan, dan kekurangab masing-masing. Nah hari ini saya akan memaparkan manfaat dari tutut atau siput air tawar berikut ini.

Habitat Tutut

Sebelum kita membahas manfat tutut mari kita bahas habita tutut atau siput sawah berikut ini.
Di langsir dari Wikipedia Siput ini menyebar luas dari mulai Thailand, Kamboja, Malaysia,filipina dan indonesia termasuk pulau di papua.

Tutut ini sering di temui menempel di babatuan atau lumpur-lumpur perairan tawar seperti rawa, kolam, sungai pesawahan, danau dan saluran irigasi. Keong ini hidup sampai ketinggian 1.400 m dpl.

Kandungan Tutut

Tutut sawah memiliki kandungan gizi tinggi yang luar biasa. Menurut para ahli kandungan keong sawah atau tutut mengandung protein, kalsium, rendah kolesterol, 81 gram air dalam 100 gram keong sawah atau tutut, dan sisanya mengandung karbohidrat dan fosfor.

Kraca tutut sawah juga mengandung vitamin yang tinggi yang terdapat di dalam dagingkeong sawah ini yaitu, Vitamin A yang cocok untuk mata, Vitamin E, Niacin, Dan Folat. Kandungan lainnya yang ada pada tutut yang mana menurut para ahli  mengandung zat gizi makronytrien berupa protein yang mana kadarnya cukup tinggi.

Selain makronotein, pada bagian tumbuh tutut juga mengandung mikronutrien berupa mineral. Terutama kaldium yang sangat di butuhkan tubuh kita, selanjutnya tutut juga dapat menjadi sumber protein hewani yang lebih murah dibandingkan ayam, sapi, dan kambing.

Fakta!!
Fakta menarik nih buat sobat pembaca bahwasannya keong sawah atau tutut ini banyak dikonsumsi secara luas loh di berbagai wilayah Asia Tenggara, dan memiliki kandungan gizi yang baik karena mengandung protein yang cukup tinggi.

Meski banyaknya kandungan keong sawah atau tutut namun tetap sobat harus waspada, karna tutut ini adalah inang dari beberapa penyakit, selain itu hewan yang di ambil dari dekat persawahan dapat menyimpan sisa pestisida.

Manfaat Tutut

Tutut ini selain menyebar luas di beberapa daerah tutut pun memiliki beberapa manfaat antara lain, manfaat untuk liver,diabetes,menjaga kesehatan mata,obat sakit maag,mengontrol kolesterol, meningkatkan kinerja otak dan lain sebagainya.

Obat Diabetes

Manfaat tutut yang pertama adalah untuk mengobati dibetes, kok bisa ?. Karna menurut pakar kesehatan kandungan gula pada tutut sangat rendah dan aman kok di konsumsi.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang terkandung dalam keong sawah ini sangat cocok untuk mencegah penyakit mata. Misalkan, mata minus, sakit mata dan sebagainya. Serta juga mata akan jernih dalam melihat.

Obat Sakit Maag

Nah boleh tuh yang mau membuat olahan makanan berbahan tutut. Misalnya sate tutut atau lauk tutut, waduh enak kayanya.

Tutut selain menjadi makanan yang menggugah selera tutut juga mampu mengobati sakit maag atau lambung. Daging tutut yang rendah lemak dan tinggi vitamin sehingga baik untuk sobat yang menderita sakit maag.

Obat Berbagai Penyakit

Nah jika pengolahan tutut diolah dengan cara yang baik tutut bisa lo, menjadi obat berbagai penyakit seperti, hepatitis B, liver, diabetes, TBC, asma dan maag sampai ke penyakit sembelit, influenza dan dan penambah nafsu makan wah ya luar biasa ya, meskipun siput itu kecil, hama para petani dan lambat tapi memiliki manfaat yang luar biasa.

Mengontrol Kolesterol

Nah manfaat tutut selanjutnya adalah mampu mengontrol kadar kolestrol dalam tumbuh. Daging tutut yang memiliki kandungan omega 3 dan 6, dan sembilan terbukti busa meminimalisis kadar kolesterol jahat dan berbagai kuman pada tubuh.

Baik Untuk Perkembangan Otak

Omega 6 yang terkandung dalam dafing tutut tentu sangat baik untuk perkembangan otak. Omega 6 memang tidak dapat diproduksi tumbuh nanun apa bila sobat sering mengonsumsi tutut tentu akan menambah omega 6 di dalam tumbuh sobat.

Menurut para ahli fungsi omega 6 sangat baik untuk menjaga kesehatan fungsi jantung, melancarkan peredaran darah, dan menguatkan imunitas tumbuh.

Mampu Meregenerasi Sel Pada Tumbuh

Tutut di percaya mampu meregenerasi sel pada tumbuh dengan sangat cepat. Semakin cepat regenerasi sel, maka kesehatan tumbuh pun akan semakin bagus.

Obat Antiseptik Untuk Kulit

Manfaat tutut bukan hanya ada pada dagingnya saja loh, tapi lendirnya pun yang ada yang ada pada tutut masih mentah, sangat baik untuk mengobati luka karna lendir tutut mengandung antiseptik yang baik untuk mengobati luka tumbuh bagian luar.

Caranya, sobat hanya mengoleskan lendir pada bagian tumbuh yang terluka. Lendir tersebut akan membuat luka cepat mengering.

Obat Wasir

Manfaat tutut selanjutnya adalah bisa untuk mengobati wasir, masyarakat tradisional kita masih menggunakan tutut. Pada bagian daging tutut mampu mengobati wasir dan ambeien.

Merawat Rambut Rontok

Manfat tutut yang satu ini yaitu mampu merawat kesehatan rambut. Karena tutut mengandun omega 3  yang baik untuk rambut. Kandungan minyak esensial yang terdapat pada tutut mampu memperbaiki pertumbuhan rambut dan juga bisa menjaga kelembaban rambut.

Obat Sakit Liver

Manfaat tutut selanjutnya yaitu mampu mengobati sakit liver. Pada berbagai penelitian menyatakan, tutut mengandung protein yang mampu mengobati sakit liver. Kalo yang belum tahu sakit liver, silahkan baca pengertian berikut.

Di langsir dari halodoc.com- Penyakit liver atau dikenal juga dengan penyakit hati merupakan penyakit yang disebabkan oleh berbagai faktor yang dapat merusak fungsi hati. Jika tidak segera ditangani, kerusakan hati dapat mengakibatkan luka pada jaringan yang menyebabkan gagal hati.


Cegah Hipertensi

Jika sobat rajin mengonsumsi tutut atau keong sawah. bisa mencegah sobat terkena hipertensi atau terkena penyakit darah tinggi. Kandungan lipid dalam tutut, sangat bermanfaat untuk mencegah hipertensi.

Menyembuhkan Jerawat

Jerawat menjadi momok yang menakutkan pada setiap orang, perlu sibat ketahui tutut juga bisa bermanfaat untuk menyembuhkan jerawat.

Galeri

Penutup

Di atas adalah beberapa manfaat tutut atau keong sawah , masih banyak manfaat tutut yang lainnya jadi sekarang ini jika misalkan tutut menggangu sawah sobat, nah ambilin aja dan jadikan makanan yang enak dan bergizi, namun tetap memasaknya pun harus dengan cara yang baik dan benar agar tidak ada terjadi masalah ketika sobat mengonsumsinya.

Akhir kata saya ucapkan mohon maaf sebesar besarnya bila ada kata atau kalimat yang menyinggung hati sobat, terima kasih dan semoga bermanfaat.

Sumber rujukan

wikipedia.org
halodoc.com
www.harapanrakyat.com
m.merdeka.com

1 Komentar untuk "13 Manfaat Tutut Yang Di anggap Hama Oleh Para Petani"

  1. Keren banget kk, ijin promosi 😊

    Bayak flek hitam?
    Pengen glowing?
    Pengen Jerawat hilang?

    Solusi nya di link di bawah ini 👇

    https://s.lazada.co.id/s.7Bkwl

    BalasHapus
Terima kasih telah, memberikan komentar semoga artikel dari admin bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel