Resep lumpia basah bandung

Cara membuat lumpia basah bandung, Resep makanan lumpia basah bandung 








Lumpia basah khas bandung



Garpuhnet.com-  Lumpia basah adalah sejenis makanan tradisional Tionghoa. Lumpia yang di kenal oleh orang indonesia merupakan lafal Bahasa Hokkian. Lumpia umumnya terdiri dari pembungkus tipis yang terbuat dari tepung gandum dan dijadikan sebagai pembungkus lumpia, di dalam lumpia biasanya terdiri dari rebung,telur, sayuran, daging dan tahu.

Lumpia di kenal sebagai makanan khas semarang, dengan cara pembuatannya dan bahan bahan telah di sesuaikan dengan tradisi setempat. Namun kali ini admin tidak membahas lumpia basah khas semarang namun admin membahas Resep lumpia basah bandung dan cara membuat lumpia basah bandung, jawa barat. 

Bahan-bahan

  • 1 bungkus kulit lumpia
  • 1 buah Bengkuang
  • 1/4 Kg telur ayam
  • 1 sendok makan tepung maizena
  • 1 Buah bawang putih besar
  • 1 genggam toge
  • (Sesuai selera) cabe rawit dan cabe merah
  • (Secukupnya) Garam dan penyedap rasa
  • 1 batang daun bawang
  • (Sesuai selera) toping seperti, sosis, baso, atau kwitiau bisa tambah

Cara pembuatan

  1. Kita potong potong bengkuang sepanjang korek api kecil-kecil, lalu panaskan air, masukan bengkuang kedalam panci kecil dan di masak bersama gula merah dan bawang putih, sampai berwarna coklat dan surut airnya.
  2. Buat gula kental, masukan air dalam panci lalu masukan gula merah. Setelah larut masukan larutan maizena yang sudah di tambah air kedalam panci sampai mengental.
  3. Lanjut buat bumbu tumis. Tumis cabe rawit, dan cabe merah sampai layu lalu di ulek bersama bawang putih supaya nanti warnanya merona.
  4. Setelah semua isian dan bahan sia, kita mulai memasak, cuci togenya terlebih dahulu.
  5. Siapkan wajan lalu masukan 2 sendok makan minyak goreng, tumis bawang daun sampai harum lalu masukan bumbu cabe tadi di ongseng ongseng, laku masukan telur dan di orak-arik, lalu selanjutnya masukan bengkuang, toge dan toping(Baso) ongseng-ongseng terus sampai layu dan tambahkan gula pasir beserta penyedap rasa.
  6. Cara penyajiannya. Ambil satu lembar kulit lumpia, olesi gula kental dan masukan hasil masakan toge tadi lalu tumpuk lagi dengan kulit lumpia yang sudah diolesi gula kental. Khasnya bandung makan lumpia basa pake sumpit.
Itulah resep lumpia basah bandung dan cara membuat lumpia basah khas bandung jawa barat gampang kan ga susah silahkan di coba dan nikmatilah makanan lumpia bandung dengan selalu smile. Semoga bermanfaat.
Akhir kata saya ucapkan mohon maaf sebesar besarnya bila ada kata atau kalimat yang tidak enak di hati sobat.

Sumber rujukan, resep lumpia basah bandung

Belum ada Komentar untuk "Resep lumpia basah bandung"

Posting Komentar

Terima kasih telah, memberikan komentar semoga artikel dari admin bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel