Pentingnya air dalam kehidupan, materi ilmu pengetahuan alam

Ilmu pengetahuan alam

Topik Pentingnya air bagi kehidupan

Pentingnya air dalam kehidupan







Garpuhnet.com- salam hangat sobat pencaribilmu pengetahuan semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dan selalu di lindungi oleh tuhan yang maha esa. Pada hari yang berbahagia ini admin akan membahas tentang pengetahuan alam  yang mana topik hari ini adalah, pentingnya air bagi kehidupan, pengertian air secara umum, sifat sifat air, manfaat airdan peristiwa yang terjadi pada air.

Pentingnya air bagi kehidupan. Semua mahluk hidup sangat bergantung pada ketersediaan air. Tumbuhan memerlukan air untuk mengangkat zat makanan dari tanah kedalam tubuh tumbuhan. Oleh karena itu jika kita tidak memperoleh air, lama kelamaan tumbuhan akan kering dan mati.
Manusia membutuhkan air untuk berbagai kebutuhan, misalnya, mandi, minum, memasak, mencuci dan lain sebagainya. Tanpa air kelangsungan hidup dari mahluk hidup akan berakhir. Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, setiap hari tubuh kita memerlukan 3 liter air, baik berasal dari minuman maupun makanan yang kita makan.

Kita ketahui bahwa pentingnya air untuk kita dan untuk mengetahui pristiwa pengetahuan alam yang terjadi pada air. Karena itu kita harus menjaga dam melestarikan air dan jangan sampai air itu tercemar karena melihat pentingnya air untuk kehidupan. Untuk mengetahui lebih dalam tentang air mari kita bahas bersama sama dalam kesempatan ini.

Mungkin artikel hari ini adalah artikel khusus anak sd namun smp atau sma sederajat juga bisa mengingat ngingat tentang pentingnya air bagi kehidupan untuk menambah pengetahuan alam pada diri kita.

Isi Artikel
> Pengertian air
> Jenis-jenis air
> Sifat-sifat air
> Manfaat air untuk kehidupqn
> Peristiwa yang terjadi pada air

Pengertian air 

Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di Bumi, tetapi tidak di planet lain. Air menutupi hampir 71% permukaan Bumi.

Jenis- jenis

Setelah kita sudah mengetahui bahwa pentingnya air dalam kehidupan nah selain itu mari kita kenal jenis jenis air yang akan di sebutkan sebagai berikut.

1. Air sungai
2. Air danau
3. Air laut
4. Air sumur
5. Air hujan

Sifat-sifat air

 Adapun sifat-sifat air adalah sebagai berikut
- Mengalir dari tempat yang tinggi ke rempat yang renjah.
- Permukaan air selalu mendatar dan bentuk air selalu sesuai dengan bentuk tempatnya.
- Isi dan berat zat cair tetap,walaupun tempatnya berubah-ubah.
- Menekan ke segala arah.
- Meresap melalui celah-celah.
- Air dapat berubah dalam 3 wujud jika di panaskan atau didinginkan.

Manfaat air untuk kehidupan

Pentingnya air bagi kehidupan adalah hal yang nyata namun untuk mengetahui lebih dalam tentang pentingnya air yuk kita simak manfaat air berikut ini,
1. Air untuk konsumsi mahluk hidup guna melanjutkan kehidupannya,
2. Air dapat melanjutkan zat- zat tertentu misalnya garam dan gula. Ada zat tertentu yang tidak larut dalam air, seperti aspal, lilin dan minyak.
3. Air dapat digunakan sebagai sumber daya alam. Semakin besar air semakin besar pula tenaga yang dihasilkan.
4. Air dapat digunakan untuk keperluan irigasi
5. Air dapat di gunakan untuk keperluan transportasi.

Peristiwa dalam air

Beberapa macam benda padat, bila dimasukan ke dalam air, benda itu akan mengalami peristiwa yang berbeda-beda.
1. Suatu benda akan tenggelamdalam air jika berat benda itu lebih besar daripada tekanan yang di terimanya.
Misalnya : batu, besi dan tanah.
2. Terapung, suatu benda dapat akan terapung, jika berat benda itu lebih kecil dari tekanan air yang diterimanya.
Misalnya, gabus tutup botol kayu , kapal laut.
3. Suatu benda dapat dikatakan melayang dalam air jika berat benda itu sama dengan tekanan air yang di terimanya, atau berat jenis benda dengan berat jenis air.
Misalnya, kapal selam, juru selam di dalam laut, telur ayam melayang dalam air garam.

Hukum arcimedes bunyi, "Benda yang seluruh atau sebagiqn di masukan kedalam air, akan mendapat tekanan ke atas yang besarnya, sama dengan berat air yang di pindah oleh benda itu".

Keseimpulan

Keseimpulannya bahwa air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di Bumi, tetapi tidak di planet lain. Air menutupi hampir 71% permukaan Bumi. Ada berbagai jenis air di bumi ini contohnya air danau, air sungai, air sumur, air laut dan lain sebagainya. 

Agar air tetap ada dan tidak tercemar alangkah baiknya kita menjaga dan melestarikan air agar tidak tercemar karna pentingnya air dalam kehidupan sudah tidak lumrah di benak kita. Pentingnya air juga bukan hanya untuk manusia tapi untuk seluruh mahluk hidup di muka bumi ini, jika air tidak ada bagaimana nanti nasib kita dan seluruh mahluk hidup di dunia ini, pikirkanlah itu hai kawanku.
Mungkin sekian pembahasan hari ini tentang pentingnya air dalam kehidupan, pengertian air, jenis air, sifat sifat air,dan pristiwa yang terjadi pada air. 
Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya air dalam kehidupan, materi ilmu pengetahuan alam"

Posting Komentar

Terima kasih telah, memberikan komentar semoga artikel dari admin bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel