Teks biografi

Pengertian biografi, struktur teks biografi, pengertian autobiografi.

Teks biografi adalah, autobiografi adalah, 

Autubiografi,biografi, Garpuhnet.com- Banyak di masa ini yang bertanya biografi adalah, autubiografi adalah, apa sih struktur teks biografi dan lain sebagainya. Di masa belajar di rumah para anak anak mungkin kurang paham tentang hal itu, nah itulah kurangnya sistem belajar di rumah.

Karena tidak ada guru yang menjelaskan dan keterbatasan anak untuk bertanya jadi banyak dari kalangan anak sekolah khususnya kelas 10 sma yang mana pada kelas 10 sma adalah masa pengenalan dan adaptasi lingkungan sekolah. 

Untuk membantu dan memberi pengertian lebih dalam lagi, hari ini admin akan menjawab pertanyaan kebanyakan orang mengenai apa sih pengertian teks biografi, apa sih autobiografi itu, dan apa sih struktur dan kebahasan yang ada dalam teks biografi mari kita kaji bersama.

Pengertian biografi

Biografi merupakan sebuah tulisan yang membahas tentang kehidupan seseorang. Secara sederhana, biografi dapat di artikan sebagai kisah riwayat hidup seseorang. Biografi dapat bercerita mengenai kehidupan tokoh penting atau terkenal yang dapat dijadikan inspirasi atau teladan.

Ciri ciri teks biografi berdasarkan isinya.

Banyak yang bertanya apa sih ciri ciri biografi itu ?, atau ciri ciri biografi adalah ?. Hmmm untuk menjawab itu semua berikut ini ciri ciri teks biografi.

  1. Teks biografi harus memuat informasi berdasarkan fakta pada tokoh yang di ceritakan dalam bentuk narasi.
  2. Memuat sebuah fakta pengalaman hidup suatu tokoh dan memecahkan masalah- masalah sampai pada akhirnya sukses, sehingga patut menjadi teladan.
  3. Teks biografi memiliki struktur yang jelas.
  4. Terdapat komponen yang mendukung.

Struktur teks biografi 

Nah setelah tahu ciri ciri teks biografi selanjutnya berikut adalah struktur teks biografi.

1. Orientasi

Orientasi adalah bagian yang menjelaskan pengenalan tokoh yang berisi gambaran tokoh yang di ceritakan dalam biografi tersebut.

Contoh orientasi : " RA. Kartini atau yang lebih di kenal dengan sebutan ibu Kartini. Dia merupakan keturunan dari keluarga yang terpandang dan lahir pada tanggal 21 April 1879." Dst...

2. Peristiwa dan masalah

Bagian peristiwa dan masalah berisi sebuah peristiwa atau kejadian yang pernah di alami, termasuk di dalamnya berisi masalah yang pernah di hadapinya dalam tujuan serta cita-citanya. Hal-hal yang menarik, mengagumkan, mengesankan dan mengharukan pernah di alami tokoh diuraikan dalam bagian ini.

3. Reorientasi

Reorientasi adalah bagian penutup yang berisi pandangan penulis terhadap tokoh yang bersifat opsional artinya dapat ada dapat tidak.

Pengertian autobiografi

Autobiografi atau otobiografi adalah biografi yang di tulis oleh subjeknya (atau,dalam penggunaan moderen, di karang bersama-sama penulis lain atau di sebutkan sebagaimana di ceritakan. (Sumber.id.m.wikipedia.org)

Makna kebahasaan teks biografi

1. Mendata pokok-pokok informasi dalam teks biografi

Teks biografi berbentuk narasi yang dapat di kembangkan secara deskriptif maupun naratif. Langkah langkah mendata pokok informasi dalam teks biografi yaitu dengan cara membaca teks biografi, memahami setiap paragraf yang ada pada teks biografi, dan menuliskan pokok informasi yang ada pada setiap paragraf teks biografi tersebut.

2. Menemukan pola penyajian karakter unggul tokoh

Dalam menyampaikan karakter unggul tokoh, penulis biogrqfi dapat menggunakan beberapa cara yaitu sebagai berikut:

A. Penyampaian secara langsung

Penulis biografi menyampaikan karakter unggul tokoh secara langsung sehingga pembaca tidak perlu menganalisis makna tersirat.

B. Penyampaian secara deskriptip

Penulis biografi menyajikan karakter unggul tokoh dengan mendeskripsikan cara tokoh menghadapi permasalahan yang dihadapinya.

C. Penyampaian dengan kutipan dialog tokoh

Penulis biografi menggambarkan watak tokoh dengan menuliskan kalimat dari tokoh tersebut.

D. Penyampaian dengan menghadirkan Tokoh lain

Penulis menggambarkan karakter tokoh secara tidak langsung, yaitu dengan cara menghadirkan tokoh lain yang menceritakan dan memberi pernyataan tentang karakter tokoh biografi yang dibahas.

Kaidah bahasa teks biografi

Berikut ini adalah kaidah kebahasaan teks biografi
a. Promina, kata ganti orang (ia, dia atau beliau).
b. Verba aksi/kata kerja tindakan.
c. Adjektiva/kata sipat.
d. Verba pasif/ kata kerja pasif.
e. Verba aktivitas mental.
f. Kunjungi/kata sambung.

Kesimpulannya adalah biografi itu adalah sebuah tulisan yang membahas tentang kisah seseorang, autobiografi adalah biografi yang di tulis oleh subjeknya atau yang di karang bersama dengan penulis lain. Kaidah kebahasaan teks biografi menyangkut pada promina, verba aksi, adjektiva, verba pasif, verba aktivitas mental dan kunjungi.
Akhir kalimat saya ucapkan mohon maaf bila di dalam kata atau kalimat saya ada kesalahan penulisan atau menyinggung di hati sobat semua. Terima kasih dan

Semoga bermanfaat : -)

Belum ada Komentar untuk "Teks biografi"

Posting Komentar

Terima kasih telah, memberikan komentar semoga artikel dari admin bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel