Seni rupa : Pengertian seni rupa secara umum dan pengertian seni rupa menurut para ahli

Seni rupa :pengertian,Fungsi, Tujuan dan karakteristik seni rupa

Garpuhnet.com- selamat siang sobat, apa kabar semoga kabar sobat selalu baik dah. Ada di antara sobat yang sudah tau apa itu seni rupa, apa itu pengertian seni rupa secara umum dan apa itu pengertian seni rupa menurut para ahli, di kelas 10 sma sobat pasti sudah di ajarkan saya yakin deh, nah jika sobat belum tau boleh uh kita bahas bersama di artikel ini ya. Sebelum lebih jauh lagi mari kita pahami dahulu pengertian seni rupa berikut ini. Ok, 

Pengertian Seni  rupa secara umum

Pengertian seni rupa secara umum Adalah ungkapan perasaan manusia yang diwujudkan ke dalam berbagai bentuk dan bersifat indah.

Pengertian seni rupa Secara Etimologi 

Menurut Everyman Encyklopedia, seni adalah segala sesuatu yang dilakukan orang, bukan atas dorongan kebutuhan pokoknya, melainkan karena kehendak kemewahan, kenikmatan, ataupun kebutuhan spiritual.

Ensiklopedi Indonesia menyatakan bahwa seni merupakan ciptaan segala hal karena keindahannya orang senang melihat atau mendengarkannya.

Pengertian seni rupa Menurut Para Ahli 

1. Ki Hajar Dewantara

Seni adalah perbuatan manusia yang timbul dari hidupnya, perasaan, dan bersifat indah sehingga dapat menggetarkan jiwa perasaan manusia.

2. Akhdiat Karta Miharja

Seni adalah kegiatan rohani manusia yang merefleksikan kenyataan dalam suatu karya, bentuk, dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam alam rohani

3. Prof. Drs. Suwaji Bastomi

Seni adalah aktivitas batin dengan pengalaman estetis yang dinyatakan dalam bentuk agung, mempunyai daya untuk membangkitkan rasa takjub dan haru.

4. Drs. Sudarmaji

Seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media garis, bidang, warna, tekstur, volume, dan gelap terang.

5. Brade, 1956

Seni adalah pemanfaatan budi dan akal untuk menghasilkan karya yang membahagiakan jiwa spiritual manusia 

6. Kahler, 1964

Seni adalah suatu penjelajahan manusia dalam menciptakan realitas baru di luar kemampuan akal serta menyajikannya dalam bentuk perlambangan 

7. Djelantik, 1999

Seni adalah hal-hal yang diciptakan dan diwujudkan oleh manusia dan dapat memberi rasa kesenangan, kepuasan, dengan penikmatan rasa indah

8. Benedetto Croce, filusuf Italia

Seni adalah ungkapan kesan-kesan (Art is Expression of impressions)

9. Plato, Filusuf Yunani

Ars is immitatur Naturam ( seni adalah peniruan bentuk-bentuk alam).

Pengertian Seni Rupa 

● Pengertian seni Rupa secara umum Adalah ungkapan perasaan manusia yang diwujudkan ke dalam bentuk rupa / benda dan bersifat indah.

● Seni Rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan.

● Pengertian Seni secara etimologi merupakan padanan kata art = kemahiran atau ketrampilan yang tinggi (Inggris), ars = kemahiran atau ketrampilan yang tinggi (Latin) dan techne = kemahiran atau ketrampilan yang tinggi (Yunani), genie = jenius (Belanda) dalam menciptakan benda kebutuhan sehari-hari, dan seni (Sankskeerta) = pemujaan, permintaan, atau pencarian secara hormat dan jujur.

Pengelompokan seni ( Cabang-cabang Seni )

Menurut Bidang garapannya :

- Seni Rupa

- Seni Musik

- Seni Tari

- Seni Teater

- Seni Sastra

Menurut segi pencerapan indrawi 

● Menurut Oswald Kuple dalam The Liang Gie (1976: 66), cabang-cabang seni dapat dikelompokan dari segi pencerapan indrawi, jenis media, dan perpaduan unsur-unsurnya. Penggolongan tersebut meliputi;

● Seni Visual (Visual Art) , seni penglihatan disebut juga seni rupa karena berhubungan dengan unsur-unsur yang kasat mata. Cabang ini dirinci atas, (a) karya dua dimensi tanpa gerak dan dengan gerak, (b) karya tiga dimensi tanpa gerak dan dengan gerak, dan (c) perpaduan permukaan dan bentuk.

● Seni Audio (Auditory Art), bentuk karya seni yang dapat dinikmati oleh indra pendengaran (telinga). Dirinci; (a) dengan nada, (b) dengan kata, (c) perpaduan dengan nada dan kata.

● Seni Audio Visual (Auditory Visual Art), bentuk karya seni yang dapat dinikmati dengan indra penglihatan sekaligus dengan indra pendengaran. Meliputi (a) perpaduan gerak dan nada, (b) perpaduan gerak, kata, dan pemandangan, (c) perpaduan gerak, kata, nada dan pemandangan.

Bidang Seni Rupa

Bidang seni rupa  seni lukis, seni grafis, seni patung, seni instalasi, seni pertunjukan, seni keramik, seni film, seni koreografi, seni fotografi, desain, arsitektur, desain grafis, desain interior, desain busana, desain produk seni rupa murni.

Fungsi Seni rupa

● Fungsi Individual Manusia terdiri dari unsur fisik dan psikis. Salah satu unsur psikis adalah emosi. Maka fungsi individual ini dibagi menjadi fungsi fisik dan fungsi emosi.

● Fisik Fungsi ini banyak dipenuhi melalui seni pakai yang berhubungan dengan fisik, seperti; busana, perabot, rumah alat transportasi dan sebagainya.

● Emosional Fungsi ini dipenuhi melalui seni murni, baik dari senimannya maupun dari pengamat atau konsumennya. Contoh: lukisan, patung, film dan sebagainya. 

● Fungsi Sosial Fungsi sosial artinya dapat dinikmati dan bermanfaat bagi kepentingan orang banyak dalam waktu relative bersamaan. Fungsi ini dikelompokkan dalam beberapa bidang:

● Rekreasi / hiburan Seni dapat digunakan sebagai sarana untuk melepas kejenuhan atau mengurangi kesedihan. Contoh: film, komedi, tempat rekreasi dan sebagainya. 

● Komunikasi Seni dapat digunakan untuk mengkomunikan sesuatu seperti pesan, kritik, kebijakan, gagasan, dan produk kepada orang banyak. Contoh: iklan, poster, spanduk, dan lain-lain. 

● Edukasi / Pendidikan Pendidikan juga memanfaatkan seni sebagai sarana penunjangnya, contoh; gambar ilustrasi pada buku pelajaran, poster ilmiah, foto dan sebagainya. 

● Religi / Keagamaan Karya seni dapat dijadikan ciri atau pesan keagamaan. Contohnya; kaligrafi, arsitektur tempat ibadah, busana keagamaan dan sebagainya.

Tujuan Seni Rupa 

1. Seni Murni, yaitu seni yang lebih mementingkan nilai estetis yang berkaitan dengan kebutuhan emosi/rohani. Contoh: lukisan, patung, dan seni kriya murni

Seni rupa murni dalam bahasa Inggris pure art atau fine art adalah cabang seni rupa yang terlepas dari unsur – unsur praktis yang lebih mengkhususkan diri pada penciptaan karya seni berdasarkan kreativitas dan ekspresi yang sangat pribadi.

> Seni lukis salah satu jenis seni murni berwujud dua dimensi pada umumnya dibuat di atas kain kanvas berpigura dengan bahan cat minyak, cat akrilik, atau bahan lainnya. 

> Seni patung salah satu jenis seni murni berwujud tiga dimensi. Patung dapat dibuat dari bahan batu alam, atau bahan-bahan industri seperti logam,serat gelas, dan lain-lain. 

> Seni Grafis merupakan seni murni dua dimensi dikerjakan dengan teknik cetak baik yang bersifat konvensional maupun melalui penggunaan teknologi canggih. Teknik cetak konvensional antara lain : 

- Cetak Tinggi  ( Relief Print )  

wood cut print, wood engraving print, lino cut print, kolase print 

- Cetak Dalam ( Intaglio ) 

dry point, etsa, mizotint,sugartint  

- Sablon ( silk screen  )

Teknik Cetak dengan teknologi modern, misalnya offset dan digital print. 

● Seni keramik termasuk seni murni tiga dimensi sebagai karya bebas yang tidak terikat pada bentuk  fungsional

2. Seni Terapan, yaitu seni yang memiliki nilai estetika dan lebih menekankan pada fungsional secara fisik/jasmani. Contoh: furniture, kriya keramik, kriya batik, dsb.

Karakteristik Karya Seni Rupa Nusantara 

1. Seni Rupa Terapan Nusantara memiliki 2 fungsi yaitu :

A. Fungsi Praktis yaitu fungsi karya seni rupa yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan benda pakai misalnya: perabot rumah tangga (meja, kursi, buffet, tempat tidur , dan lain lain).

B. Fungsi Estetis  yaitu fungsi karya seni rupa yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan akan benda hias misalnya: lukisan, patung, taman, kebutuha ritual(misalnya bangunan mesjid, gereja, candi, pura, arca), dan sebagainya

2. Bentuk Karya Seni Rupa Nusantara

Bentuk karya seni rupa Nusantara yaitu berwujud manusia, binatang, tumbuh-tumbuhan atau pohon, benda, keadaan alam dll baik dalam bentuk 2 Dimensi maupn 3 Dimensi dengan corak representative, dekoratif, deformatif, dan abstrak.

a. Teknik Pembuatan Karya Seni Rupa Nusantara

b. Teknik pembuatan karya seni rupa Nusantara meliputi :

c. Teknik menggambar, yang meliputi : linier, blok, dusel, pointilis, aquarel, dan plakat.

d. Teknik membuat patung, diantaranya : membutsir, cetak, / cor, pahat, dan konstruksi.

e. Teknik membatik : tutup celup (tulis) : ikat celup dan cap

f. Teknik grafis : dengan teknik cetak

4. Jenis Karya Seni Rupa

● Seni Lukis

● Seni Patung

● Seni Grafis (Cetak)

> Cetak tinggi

> Cetak dalam

> Cetak saring

> Cetak datar

● Seni Kria

● Seni Bangunan (Arsitektur)

● Desain

> Desain Komunikasi Visual

> Desain Interior

● Seni Anyaman

● Topeng 

● Gerabah

● Seni Lukis Kaca

● Seni Rupa Wayang

● Seni Kriya Batik 

● Seni Kriya Ikat Celup (Tie Dye)

Keseimpulan

Keseimpulannya bahwa pengertian seni rupa secara umum Adalah ungkapan perasaan manusia yang diwujudkan ke dalam bentuk rupa / benda dan bersifat indah. Dan juga Seni Rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Sedangkan seni rupa secara etimologi merupakan padanan kata art = kemahiran atau ketrampilan yang tinggi (Inggris), ars = kemahiran atau ketrampilan yang tinggi (Latin) dan techne = kemahiran atau ketrampilan yang tinggi (Yunani), genie = jenius (Belanda) dalam menciptakan benda kebutuhan sehari-hari, dan seni (Sankskeerta) = pemujaan, permintaan, atau pencarian secara hormat dan jujur.

Nah sobat sekarang sobat jadi tau apa itu seni rupa dari mulai pengertian seni rupa secara umum, pengertian seni rupa secara etimologi, jenis jenis seni rupa, fungsi Seni Rupa dan sampai karakteristik seni rupa. Jadikan artikel ini sebagai bahan untuk pengetahuan dan menambah wawasan sobat, jika penjelasan saya kurang di mengerti sobat semua saya harap sobat bisa mengoreksi ya lagi yang terakhir saya ucapkan mohon maaf bila ada kata atau kalimat yang tidak enak di hati sobat. terima kasih dan semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Seni rupa : Pengertian seni rupa secara umum dan pengertian seni rupa menurut para ahli"

Posting Komentar

Terima kasih telah, memberikan komentar semoga artikel dari admin bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel