Fungsi Bank Sentral, Pengertian Bank Sentral dan Pengertian Alat Pembayaran

Bank Sentral Dan Sistem Pembayaran.

Garpuhnet.com- Selamat pagi sobat pencari ilmu pengetahuan, salam hangat untuk kita semua semoga kita selalu dalam keaddan sehat dan badan kuat. Pagi hari yang berbahagia ini saya ingin berbagi sedikit pengetahuan dan untu menambah wawasan sobat, jangan bosan bosan mencarivilmu karena pada akhirnya ilmu yang kita miliki akan bermanfaat. Adakah yang sudah mengetahui apa sih bank sentral itu ?...  nah jika sobat belum tau dan ada juga yang sobat sudah tau tentang bank sentral ini mari kita bahas santai bersama di artikel ini.

Pengertian Bank Sentral

Di indonesia, peranan bank sentral dilakukan oleh Bank indonesia yang berawal dari De Javasche Bank  yang didirikan oleh belanda pada 24 Januari 1828. Setelah indonesia merdeka, bank tersebut di nasionalisasi menjadi Bank indonesia dan berada di bawah kewenangan pemerintahan indonesia.

Menurut UU RI No 3 Tahun 2004 tentang perubahan atas UU No 3 Tahun 1999 tentang bank indonesia menyatakan Bank Indonesia adalah suatu lembaga yang mandiri dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya, bebas dari pengaruh pemerintah dan atau pihak lain, kecuali untuk hal-hal yang tegas di atur undang-undang.

Fungsi Dan Tugas Bank Sentral

Fungsi bank sentral adalah sebagai Bank dari pemerintahan dan sebagai bank dari bank umum  sekaligus untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah.

Dan tugas-tugas pokok bank sentral adalah sebagai berikut.
  • Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter,
  • Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran,
  • Mengatur dan mengawasi bank.

Alat Pembayaran

Pengertian Alat pembayaran

Sistem pembayaran adalah suatu sistem yang mencangkup seperangkat aturan, lembaga, dan mekanisme yang di gunakan untuk melaksanakan pemindahan dana guna memenuhi suatujewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi.

Pengertian Alat Pembayaran Tunai

Alat pembayaran tunai kita kenal dalam bentuk uang kertas dan uang logam. 
Alat pembayaran tunai adalah alat pembayaran dengan menggunakan uang kuartal (kertas dan logam),yang terdiri atas uang dengan nilai nominal Rp.100 - Rp. 100.000.

Pengertian Alat Pembayaran Non Tunai

Alat pembayaran non tunai adalah alat pembayaran dengan tidak memakai uang kartal (uang kertas dan logam), yang terdiri atas paper based (cek/BG), APMK (alat pembayaran menggunakan kartu) , dan uang elektronik.

Contoh Sistem pembayaran Tunai

• Uang kartal

Uang logam dan uang kertas

Contoh Sistem Pembayaran Non Tunai

• Uang giral

Bilyet, Giro, sertifikat

APMK ->

Uang Elektronik/E-money

Kartu debit/Atm

Kartu kridit


Keseimpulannya bahwa bank sentral adalah  suatu lembaga yang mandiri dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya, bebas dari pengaruh pemerintah dan atau pihak lain, kecuali untuk hal-hal yang tegas di atur undang-undang. Tujuan bank sentral adalah untuk mencapai mencapai kestabilan nilai rupiah.

Adapun alat pembayaran adalah suatu sistem yang mencangkup seperangkat aturan, lembaga, dan mekanisme yang di gunakan untuk melaksanakan pemindahan dana guna memenuhi suatujewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi. Ada dua macam alat pembayaran yaitu, alat pembayaran non tunai dan tunai.

Nah di atas telah saya simpulkan dan bahas bersama, jadi kini kita tau apa itu alat pembayaran apa itu sistem pembayaran, dan apa itu bank sentral.

Akhir kata dan sekaligus penutup saya ucapkan mohon maaf sebesar besarnya bila ada kesalahan kata di saya dan kata itu tidak enak di hari sobat, terima kasih dan semoga bermanfaat.




Belum ada Komentar untuk "Fungsi Bank Sentral, Pengertian Bank Sentral dan Pengertian Alat Pembayaran"

Posting Komentar

Terima kasih telah, memberikan komentar semoga artikel dari admin bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel