Berikut Contoh Apresiasi seni lukis

Contoh Apresiasi Seni Lukis

Seni Lukis,Garpuhnet.com- Selamat pagi sobat pecinta pengetahuan, seni dan budaya.
Setiap orang pasti mencintai seni, setiap orang juga ada yang mencintai hal yang lain jadi kita hormati itu, nah ini untuk yang mencintai seni adakah yang tau contoh apresiasi seni lukis ?... ouh ini mah sudah ga asing lagi kayanya di telinga sobat, tentang apresiasi seni lukis.

Pada kesempatan ini saya ingbin memberikan apresiasi lukisan Affandi, dan pelukis lainnya. Nah sebelum kita mengapresiasi lukisan kita harus tau dulu apa sih apresiasi seni itu. Selamat membaca :-)

Pengertian apresiasi seni

Apresiasi seni adalah suatu penghayatan pada karya seni yang di hormati serta penghargaan pada karya seni tersebut serta pelukisnya. Secara umum apresiasi seni bisa di artikan sebagai kesadaran menilai melalui cara menghayati suatu karya seni.

Setelah kita mengetahui pengertian apresiasi seni ada gambaran tuh di benak sobat oh ini ya. Berarti kalau pengertian apresiasi seni lukis adalah suatu penghayatan pada karya seni lukis yang dihormati serta penghargaan pada karya seni tersebut.

Nah kita sudah tau tuh pengertian nya selanjutnya yu kita lihat contohnya. Dan di bawah atau di akhir artikel saya akan kasih dokumen tuh buat bahan belajar sobat, namun mohon maaf berbeda dengan isi artikel ini, tapi sobat bisa tambahkan isi artikel ini ke sana dan saya kasih deh free download dokumen ok.

Contoh apresiasi seni lukis


Judul   : Kesederhanaan dalam Warna Hitam dan Putih
Peupa  : Muhammad Thamsil (Acil)
               APRESIASI
Lukisan yang sangat menggambarkan kesederhanaan, sangat pas dengan judul serta objek yang dipilih. Pemilihan B. J. Habibie sangatlah tepat sebagai ikon pribadi yang sederhana. Nampaknya sang perupa betul-betul ingin menyampaikan suatu bentuk kesederhanaan dari suatu lukisan dengan teknik yang tidak sesederhana maksud dan idenya.

Penggunaan warna netral yakni hitam dan putih sangat pas dengan pelambangan suatu kesederhanaan. Jadi secara keseluruhan lukisan tersebut sangatlah menarik dan membuat kita larut ke kesederhanaan itu.


Judul     : Para pejuang
Pelukis : Affandi
                Apresiasi
Lukisan ini menggambarkan semangat pahlawab-pahlawa indonesia untuk meraih kemerdekaan indonesia, dengan mengibarkan jiwa dan raga mereka. Makna historis melekat pada lukisan affandi para pejuang ini. Karya ini terinspirasi dari semangat baja para pejuang indonesia.

Dan dalam lukisan tersebut terlihat juga, semangat para pahlawan yang sangat berkobar-kobar seperti api. Dan tidak lupa juga dalam lukisan affandi ini adanya bambu runcing, bendera merah putih dan ikat kepala sebagai ciri khas para pejuang bangsa indonesia.


Judul    : Mati Satu Tumbuh Seribu
Perupa : Rasyid
                APRESIASI
Dengan penggunaan ide seperti ini akan membuat para penikmat seni mencoba menerka-nerka maksud yang ingin disampaikan oleh sang perupa. Walaupun pada judul telah ditegaskan bahwa lukisan tersebut merupakan penggambaran dari suatu kehidupan yang tidak akan ada habisnya.

Tetapi hal tersebut tetap akan membuat penikmat berpikir dan menelaah sesuatu yang ingin disampaikan sang perupa. Secara keseluruhan, lukisan tersebut sangat menarik dan dapat membuat pola pikir kita berjalan.


Judul    :  Didepan Sebuah Harapan
Perupa : Abdul Malik
                Apresiasi

Pada dasarnya  lukisan tersebut sangatlah baik dalam penggunaan ide, dengan judul “Didepan Sebuah Harapan” sang perupa menggunakan seekor kuda tunggangan sebagai simbol perjalanan menuju suatu tujuan dengan kata lain menggapai suatu keinginan atau harapan. 

Tapi pada penerapan tekniknya, terlihat bahwa kayu penopang (berwarna hijau) seakan-akan menyatu dengan daging kuda. Tapi secara keseluruhan, lukisan tersebut sangatlah menarik.


Judul : Lukisan Borobudur di pagi hari
Pelukis : Affandi
                 Apresiasi
Obyek matahari selalu menarik perhatian, di beberapa karya beliau sebagai fokus pendukung utama. Warna-warna dingin dan suasana tenang mendominasi lukisan ini , karena melukiskan suasana pagi hari yang cerah. Dan lukisan affandi Borobudur di pagi hari ini lebih menonjolkan obyek alam atau sebagai latar belakang. Melihat lukisan affandi Borobudur di pagi hari ini mata kita menjadi adem dan tenang karena perpaduan warna-warna yang membuat keindahan tersendiri.

Untuk bahan ajar silahkan download dokumen di bawah ini.


Keseimpulannya bahwa pengertian apresiasi seni adalah suatu penghayatan pada karya seni yang di hormati serta penghargaan pada karya seni tersebut serta pelukisnya. Dan di atas itu adalah beberapa contoh apresiasi seni lukis, dari pelukis terkenal, misalnya pelukis Affandi dengan karyanya Borobudur di pagi hari dan para pejuang, selanjutnya pelukis rasyid dan judul lukisan mati satu tumbuh seribu, selanjutnya pelukis Abdul malik dengan judul lukisan nya di depansebuah harapan, selanjutnya pelukis Muhammad Thamsil dengan judul lukisan kesederhanaan dalam warna hitam putih.

Nah tak terasa sobat ya sudah baca selama ini sebelumnya saya ucapkan terima kasih dan semoga bermanfaat serta saya sebagai admin undur diri mohon maaf atas kekurangannya. Sampai jumpa.


3 Komentar untuk "Berikut Contoh Apresiasi seni lukis"



  1. Kami menyediakan jasa SEWA DAN JUAL Tenda seperti:



    *Tenda Roder / Tenda Hanggar / Tenda Dome dengan bahan Tiang alumunium, Dinding dan Atap PVC (PVC atap 850gr Blackout, Pvc dinding 550gr Blackout).


    Tenda Roder senidiri biasa di gunakan sebagai:
    -Tenda vaksinasi
    -Tenda darurat Rumah sakit
    -Posko Pengungsian
    -Tenda Peresmian
    -Tenda Pameran
    -Tenda Gudang, dan masihbanyak fungsi lainnya


    Tenda Roder sendiri memiliki beberapa bentangan yaitu bentangan 10, 15, dan 20. untuk panjangnya sendiri terhitung dari kelipatan 5 (cth: 5, 10, 15, 20 dst)


    *Tenda Transparan
    Tenda transparan itu memiliki kesan yang elegant karna bisa menampilkan suasana luar tenda dan sinar matahari ataupun binar binar luar tenda di malam hari, Tenda Transparan biasanya digunakan untuk:
    -Acara Wedding
    -Acara pesta
    -Acara pesta malam
    -Acara Event dan masih banyak lagi kegunaannya.


    *Tenda Kerucut / Tenda Sarnavil
    biasanya memiliki kegunaan untuk:
    -Bilik desinfektan
    -Event outdor
    -Posko pengamanan covid
    -Posko Polisi sementara
    -POsko darurat Rumah Sakit
    -Ruangan darurat rumah Sakit dan masih banyak kegunaan lainnya.
    Tenda kerucut dapat meutup sempurna untuk menghindari panas matahari langsung ataupun air hujan, untuk ukuran tenda yang biasa di gunakan beberapa macam yaitu 3x3m, 5x5m, dan 10x10m.



    untuk Jasa penyewaan sendiri kami dapat melayani untuk daerah JABODETABEK dan sekitarnya


    untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi kami di:

    No.wa : 081112300319 / 081112520816

    Alamat: Taman Ubud Cendana 1 No.19 Lippo Village, Tangerang Banten


    #TENDARODER #TENDATRANSPARAN #TENDAKERUCUT #TENDASARNAVIL #TENDAVAKSINASI #TENDADARURATRUMAHSAKIT #POSKOPENGUNGSIAN #BILIKDESINFEKTAN #POSKOPENGANAMANANCOVID #RUANGANDARURATRUMAHSAKIT
    #TENDAVAKSINASI #POSKOPENGAMANAN #TENDADRIVETHRU #DRIVETHRUSWAB #DRIVETHRUVAKSIN


    https://www.tendaroderindonesia.com/

    https://www.facebook.com/profile.php?id=100055894358161

    https://www.instagram.com/juragantendaofficial/

    https://wordpress.com/home/juragantendaofficial.wordpress.com

    https://twitter.com/IndonesiaRoder

    https://sites.google.com/d/1pcx7KorOqbjx0NiYnGFSUG5kOkWyCwi
    C/p/1yhTPQJp9thkWKmmxVcD-0m71khRu4_K9/edit

    BalasHapus
  2. Keren banget kk, ijin promosi 😊

    Bayak flek hitam?
    Pengen glowing?
    Pengen Jerawat hilang?

    Solusi nya di link di bawah ini 👇
    https://s.lazada.co.id/s.7Bkwl

    BalasHapus
Terima kasih telah, memberikan komentar semoga artikel dari admin bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel