Ilmu pengetahuan alam , materi perkembangbiakan

Perkembang biakan tumbuhan dengan cara buatan.

Garpuhnet.com- Mungkin perkembangbiakan tumbuhan dengan cara buatan ini umumnya hanya dilakukan oleh petani tapi meskipun begitu cara ini juga bisa di gunakan oleh kita yang bukan petani untuk berkebun di rumah dimasa pandemic ini. Karena dengan bercocok tanam kita akan menghasilkan persediaan makanan dan bercocok tanam atau berkebun membuat kita tidak setres ketika di rumah aja.

Mencangkok

Tumbuhan yang bisa di cangkok umumnya adalah tumbuhan dikotil atau tumbuhan berkeping dua. Mencangkok adalah cara paling mudah untuk mengebangbiakan tumbuhan biji, cepat mendatangkan hasil (bebuahan), dan hasil yang diperoleh sifatnya persis dengan induknya.

Untuk tumbuhan yang biasa di cangkok yaitu jambu, mangga, rambutan, blimbing dan lain lain.

Berikut cara mencangkok

1. Pilihlah cabang( dahan) yang lurus,saya sarankan pilih cabang yang kecil dan mudah untuk di potong nantinya, kemudian kupaslah kulit sekeliling dahan tersebut sepanjang 3-5 CM (atau sesuai dengan besarnya ukuran dahan).
2. Berilah tanah yang gembur atau subur pada bagian kulit yang sudah di kupas sampai tertutup semuanya.
3. Kemudian bungkus dengan sabut atau plastik dan ikatlah pada kedua bagian ujung cangkikannya. Jagalah cangkokan jangan sampai kering dan siram sewakti-waktu.
4. Setelah kurang lebih 3 bulan atau sudah kelihatan tumbuh akar, cangkikan siap dipotong dan dipisahkan dari induknya. Sebelum di tanam sebaiknya bagian ranting dan daun-daunnya di buang terlebih dahulu, agar dalam pertumbuhannya cangkokan tidak banyak memerlukan air untuk penguapan.

Menempel

Menempel adalah menggabungkan dua bagian tanaman sejenis yang berbeda sifat untuk menghasilkan sifat yang baik. Misalnya mangga golek dengan mangga gadung. Cara menempelnya adalah sebagai berikut.
1. Ambil mata tunas mangga golek dengan pisau yang steril.
2. Iris kulit batang pohon induk ( pohon mangga gadung dengan posisi irisan seperti hurup t.
3. Tempelkan mata tunas pada batang induk yang telah diiris tadi.
4. Ikat potongan dengan tali rapia. Batang atas pohon induk di potong setinggi 2cm dari atas tempelan.

Menyambung

Tujuan mengeten sama dengan menempel, yaitu memadukan dua sifat tanaman yang memiliki kelebihan sehingga menghasilkan individu yan lebih menguntungkan. Diameter batang atau ranting antara tumbuhan pokok dan sambungannya harus sama. Bila yang di sambung pada bagian pucuk, setelah di sambung biasanya harus di bungkus dengan plastik supaya tidak banyak penguapan, setelah seminggu plastik tersebut harus di buka.

Cara menyambung

1. Potonglah bagian tumbuhan yang akan di sambung dengan potongn menyudut kurang lebih 45°, atau bentuk lain sesuai keinginan
2. Sambungkan dengan tumbuhan induk yang sudah si potong dengan kemiringan. Yang sama atau bentuk lain sesuai dengan bentuk potongan pasangannya.
3. Agar sumbu itu kuat , tambahkan kayu atau bambu di sisi kiri dan kanannya sebagai penyangga. Ikatkah penyangga tersebut dengan tali
4. Biarkan sambungan tersebut tumbuh.

Merunduk

Merunduk umumnya terjadi secara alamiah, akan tetapi di samping itu dapat juga di lakukan oleh manusia, yaitu dengan merundukan batang yang masih muda dengan menggunakan patok, agar batang tetap ada di permukaan tanah. 

Setelah ada di permukaan tanah, timbulah batang dengan tanah untuk merangsang timbulnya akar. Bila batang yang ditimbun sudah tumbuh akar, baru dapat dipisahkan dari tumbuh induknya. Perkembangbiakan dengan cara merunduk bisa terjadi pada alamanda, ayelir, dan apel.

Stek

Cara ini paling mudah dilakukan, karena dengan hanya memitong-motong bagian batang dari tumbuhan, kemudian di tanam maka akan tumbuh menjadi individu baru. Contohnya ; singkong, tebu, tanaman pagar(anak nakal).

Nah itu di atas adalah cara- cara perkembangbiakan dengan cara buatan supaya lebih memudahkan dan semoga cepat tumbuh bila sobat coba. Mungkin sekian topik perkembangbiakan secara buatan, selamat mencoba.
Mohon maaf bila ada kata atau kalimat yang tidak enak di hati sobat. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Ilmu pengetahuan alam , materi perkembangbiakan"

Posting Komentar

Terima kasih telah, memberikan komentar semoga artikel dari admin bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel